8.09.2016

My Hair Care Routine + Tips Mengurangi Rambut Rontok


Haiii semuanya sesuai janjiku minggu lalu, aku mau share tentang produk yg sekarang aku pakai untuk mengurangi rambut rontokku ya istilah kerennya sih zaman skrg nyebutnya “hair care routine”dan plus tips ala2 utk membantu rambut rontok berkurang hahahah =)) Oh iya buat yg belum baca review shampoo untuk mengatasi rambut rontok bisa dicek yaa hihihi, karena itu beberapa review singkat shampoo2 yg sudah pernah aku coba sebelum produk2 berikut ini.
Hair Care Routine


 1. Rudy Hadisuwarno Hair Loss Defense Daily Shampoo

Shampoo ini cukup membantu rambut rontokku sehingga tidak separah sebelumnya. Wangi shampoonya jga enak cuma sayang ga tahan lama. Selama aku menggunkan shampoo ini, aku ga pernah pake conditioner, walaupun ga pake conditioner rambutku tetap halus sekali. Pokoknya udh suka dan cocok dengan shampoo ini. Harganya sekitar 20-30ribuan dan mudah ditemui di supermarket atau counternya Martha Tilaar.

 2. Johnny Andrean Hair Tonic (Grow and Strengthen) *recommended*
Ini dia tonic yg benar2 membantu rambut rontokku berkurang, menurutku dari semua hair care routineku ini yg paling berpengaruh dalam mengurangi rambut rontokku.. sebelumnya aku pake hair tonic yohmo, cma aku kurang suka karena baunya dan kurang mempan di aku, pdhl harganya lumayan mahal banget loh, dibanding hair tonic johnny andrean ini kalau ga salah harganya sktr 30-40ribuan gitu. Kalau hair tonic ini baunya enak, ga yg menyengat tapi sama2 ada sensasi dingin2nya dan cepat kering, selain itu sejak aku pakai tonic ini aku ngerasa rambut2ku dlu yg rontok banyak itu mulai tumbuh kembali dg cepat karena tonic ini jdi grow dan strengthennya bener2 terbukti dirambutku.

3. Etude House Silk Scarf Hair Essence
Kenapa aku ambil yg essence? Kebanyakan kan pada beli/yg jual di olshop itu yg hair mistnya… Karena aku ga suka hair mist soalnya cma semprot diujung, teksturnya cair banget, dan biasanya cuma buat rambut harum dg sedikit perlindungan tanpa menutrisi rambut jdi kalau rambutnya kasar yah ga ngaruh2 banget hehehe^^. Nah buat kalian yg pernah baca reviewku tentang mythic oil, skrg aku udh ga pake lgi mengingat harganya l’oreal mythic oil it uterus meningkat, aku mengganti serum rambutku dengan hair essence ini, fungsinya bisa membantu mencegah rambut bercabang dan menghaluskan rambut kurang lebih sama kok fungsinya dan cara penggunaannya dg mythic oil. Hanya saja yg ini wanginya lebih manis, agak lengket, dan isinya lebih dikit sih cma kalau kita pake hair essence kan hanya perlu 1-2 pump aja untuk ujung rambut. Oh iya kalau mau beli hair treatment mendingan langsung dicounter etude housenya langsung karena harganya ga terlalu mahal, malah lebih murah dibanding olshop, klo kosmetik dan skin care sih memang jauh bedanya._. Harga hair essence ini sktr 60-80ribuan (aku lupa pasnya brp)

 4. Holika Holika Aloe 99% Soothing Gel
Soothing gel favoritkuu!! Pokoknya aku suka banget sama aloe soothing gel yg 99% entah holika holika atau yg face shop, karena soothing gel ini punya banyak manfaat. Bisa dipakai dari ujung kepala sampe ujung kaki, bisa jadi pelembab rambut, wajah, badan, sleeping mask, hair mask jga bisa pokoknya banyak dehh… Nah biasanya aku pakai soothing gel ini langsung dikulit kepala sebelum keramas rasanya adem2 gitu hahaha dan bisa jdi pengganti conditioner jga ya intinya jdi hair mask jga bisa dan hasilnya oke loh. Buat dipake diujung2 rambut seperti menggunakan serum jga bisa asal jgn terlalu banyak pakainya yaa.

  5. Makarizo Hair Energy
Ditaruh terakhir dan kelupaan difoto pas awal, karena memang ini paling jarang dipakai karena malas :( Tapi ini adalah hair mask pertamaku dan selalu jdi hair mask yg paling aku suka pakai karena wanginya enak dan buat rambut jdi halus sekalii. Pakainya jga enak boleh dikulit kepala jdi dia benar2 treatmentnya utk rambut dan kulit kepala. Favoritku sih yg kiwi wanginya enak banget kaya permen, cma lgi abis jdi yg difoto yg aloe dan melon yaaa^^ Sayangnya menurutku yg kemasan dlu wanginya lebih tahan lama dibanding yg skrg :"

Tips Mengurangi Rambut Rontok

Jangan keramas terlalu berlebihan

Maksudnya jangan berlebihan itu, jangan pas keramas pake shampoo banyak2, terus digosok cepat2 dan kasar, maksudnya sih biar kotoran dikulit kepala hilang, tapi hal-hal itu yang malah bisa membuat rambut rontok kalian semakin banyak. Jadi saat keramas diusahakan pake buku jari sambil pijat pelan-pelan, selain membantu peredaran aliran darah lebih lancar hal ini jga bisa membantu kalian lebih rileks, sama halnya dengan mencuci wajah tidak boleh berlebihan yaa.

Jangan sering2 mainin rambut

Nah secara ga sadar kita suka mainin rambut iseng eh 1-2 helai copot, makin sering ya rambut kalian semakin banyak yg copot dan rontok sehingga semakin tipis. Biar ga iseng kalian boleh coba ikat rambut kalian tapiii jgn pake jepitan rambut yg terlalu mengikat gitu agar rambut kalian ga berbekas dan rusak. Saran ku sih pakai jedai karena digulung2 rambutnya dan ga terlalu mengikat dan pas dilepas jadi badaiii rambutnyaaa ;)

  Jangan menyisir rambut terlalu sering dan gunakan sisir bergigi jarang

Buat kalian pemilik rambut rontok yang sering menyisir coba deh mulai skrg jangan terlalu sering menyisir rambut kalian dan kalau mau menyisir coba menggunakan sisir rambut bergigi jarang. Oh iya kalau rambut kalian dalam keadaan basah diusahakan jangan langsung nyisir yaa karena dalam keadaan basah jdi cepat rapuh atau kalau terpaksa ya gunakan sisir bergigi jarang/dengan jari pelan2.

Jangan lupa pakai hair tonic dan serum rambut sebelum menyisir rambut

Kalau hal sering menyisir sulit kalian tinggalkan, menurutku hal ini penting banget, karena setelah menggunakan hair tonic dan serum rambut, rambut kita menjadi lebih halus jadi akan lebih mudah diatur dan ga terlalu kusut sehingga lebih mudah disisir.

Pakai masker rambut
   
Kalau kalian sibuk atau males sepertiku ya bisa pake masker rambut yg dijual dipasaran seperti aku pakai yg makarizo, tapi kalau kalian lgi ada waktu luang coba deh sekali-kali pakai yg alami seperti aloe vera/minyak zaitun/minyak kelapa karena selain membuat rambut kalian lebih halus juga membantu mencegah kerontokan. 

Banyak minum air putih dan makan makanan bergizi

Ga hanya perlindungan dari luar tapi harus ada perlindungan dari dalam juga. Penting banget untuk rajin minum air putih dan makan sayur, buah, dan makanan yg mengandung banyak protein, kurangi makan junk food dan snack yang ga sehat yaaa.

Sekian hair care routine, review, dan tipsku untuk mengurangi rambut rontok, semoga bermanfaat yaaa^^

No comments:

Post a Comment